Rabu, 23 Oktober 2019

Nikmat yang Luput Disyukuri


Betapa banyak hal yang luput dari rasa syukur. Nikmat sehat, waktu, dan kesempatan. Bisa jadi banyak sekali orang yang bermimpi mendapatkan hal yang yang sedang dialami. Walau mereka tak akan tahu bagaimana bertahan di posisi seperti ini.

Orang hanya melihat dari luar saja, betapa enak hidup yang sedang dijalani. Memiliki pekerjaan tetap dan mapan, hidup cukup tak kekurangan, punya banyak waktu berkarya dan bergerak tanpa terganggu oleh celoteh anak-anak serta kesempatan untuk terus menuntut ilmu. Tapi adakah yang berpikir, manjalani ini semua tak lebih enak daripada kehidupan bersama anak-anak, terbatas ruang gerak namun masih tetap bisa menghirup bebas udara di alam. 

Betapa hidup yang mereka bayangkan itu tidak sepenuhnya benar. Banyak agenda yang bercokol di benak, semua seakan minta dijadikan nomor satu. Belum lagi tuntutan dari yang berada di atas, kerja, tujuan, dan hasil. Semua bagai bintang yang menari di atas kepala meminta segera dituntaskan. Satu belum selesai, muncul yang lain, begitu sepertinya dari hari ke hari waktu ke waktu.
Andai diijinkan menjerit, akan penuh seluruh bumi dengan teriakan “tolong aku….!!!”, namun tidak seperti itu kenyataannya. Alam memberikan banyak kesempatan untuk menempa, menguji, terus dan terus sampai akhirnya waktu berkata, “kamu berhasil”. Walau kesempatan rehat sangat terbatas dan dibatasi. Masih bersyukur diberi kesempatan untuk menyandarkan punggung dan menghela dua, tiga tarikan napas.

Ini yang semua orang tak tahu. Saat mereka telah terlelap dalam buaian malam, mata ini harus tetap terjaga agar target bisa sampai tepat waktu. Panjang waktu istirahat otomatis jadi terpangkas, nyaris puasa jalan-jalan bahkan tamasya. Itu semua harus dijalani demi sebuah hidup, yang mungkin semua orang impikan dan inginkan.

Malam ini masih terjaga, di depan papan ketik masih merangkai kata. Semua orang tak kan pernah tahu yang diusahakan. Mereka hanya tahu, mapan, berkecukupan, bebas berkarya dan bergerak. Detik inipun berusaha selalu menyukuri segala nikmat yang telah Ia beri. Berusaha menahan keluhan, menghayati, dan menyelami setiap episode kenyataan. Meresapi segala nikmat agar tak luput untuk disyukuri, agar tak sia-sia hidup ini nanti, agar semua upaya dunia bisa terbawa mati.


#30dwc
#30dwcjilid20day7
#30dwcjilid20squad1
@30pejuangdwc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar