Selasa, 17 Desember 2019

Berteman Tenggat


Seluruh aktivitas yang dilakukan pasti akan berhenti karena berbenturan dengan waktu. Ia mampu membatasi dan mengakhiri apa saja jika waktu yang telah ditetapkan tiba. Tenggat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti batas waktu. Tenggat inilah yang membuat seluruh aktivitas menemui kata tamat. Ia akan menjadi batas kapan sebuah kegiatan tak bisa dilakukan lagi dengan peringkat baik.

Tenggat waktu merupakan sinyal dan alarm bagi setiap individu untuk berusaha melakukan perkerjaan agar selesai sebelum waktu yang telah diputuskan. Untuk memenuhi hal tersebut, maka perencanaan yang baik harus diprogramkan dengan apik. Tenggat memiliki fungsi menjadikan pekerjaan dan kegiatan bisa dilaksanakan lebih efektif dan efisien. Merencanakan kegiatan lalu menyelesaikan kegiatan tersebut tepat dengan kala yang telah dicanangkan. Hal ini memberikan sumbangan besar agar pekerjaan tidak berlarut tanpa target dan pekerjaan setelahnya bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. 

Tidak sedikit yang mengenal dan bersinggungan dengan tenggat, namun mereka justru meninggalkannya begitu saja. Bisa jadi, di benak mereka tenggat merupakan hantu menakutkan yang membuntuti setiap aktivitas mereka. Tak sedikit yang menjalani seluruh aktivitas tanpa memedulikan tenggat ini. Padahal jika mengerti dan paham dari fungsi tenggat, ia justru akan terbantu di banyak pekerjaan dan setiap aktivitas yang dilakukan. Tanpa tenggat tidak ada yang dinamakan target, dan target inilah yang membuat aktivitas, kegiatan, pekerjaan, dan cita-cita menjadi hidup.

Kehadiran tenggat yang muncul dalam sebuah kegiatan menjadi pembimbing dan petunjuk. Di sanalah batas-batas ketentuan menjadi sesuatu yang harus ditaati. Keberhasilan  menjalani sesuatu sesuai dengan tenggat menjadikan ia menjadi terarah dan terukur. Keterarahan dan keterukuran inilah yang  menjadi tujuan akhir dari sebuah kegiatan untuk bisa dinilai berhasil atau sebaliknya. Hasil akhir inilah yang akan menjadi penanda predikat kegiatan tersebut.

Berteman dengan tenggat merupakan sesuatu yang harus diupayakan. Bersentuhan dengannya menjadikan hidup lebih mengenal tujuan dan arah. Tujuan merupakan elemen kehidupan yang harus diburu. Sedangkan arah adalah petunjuk dan jalan agar tujuan bisa dicapai. Keduanya diikat dengan tenggat agar pencapaian tujuan sampai secara efektif dan dilakukan dengan hal-hal yang efisien. 

Tenggat mengajarkan banyak hal, diantaranya adalah kedisiplinan dan komitmen. Dua hal ini bagaikan darah dan daging dalam mencapai tenggat. Ia butuh komitmen kuat agar pekerjaan sampai di waktu yang tepat. Tidak melalaikan atau bahkan menyia-nyiakannya karena tenggat ada di depan mata. Dibarengi dengan kedisipilinan supaya dapat meraih penyelesaian pekerjaan sesuai tempo yang ditentukan. Tanpa disiplin tinggi, merampungkan pekerjaan dengan tenggat, mustahil bisa terwujud. 

Jadi, janganlah bersedih, kaget, atau bahkan risau dengan adanya tenggat. Jadikan ia teman dalam segala aktivitas agar sesuatu yang dilakukan memiliki tujuan yang lebih terarah dan memenuhi target. Biasakan pula bergaul lebih luwes dengannya, karena ia mengajarkan banyak hal, salah satunya agar kehidupan ini bisa dimenangkan. Selamat menjalani aktivitas dengan bertenggat dan semoga menjadi seorang pemenang.


#30DWC
#30DWCday7
#30DWCJilid21
#30DWCJilid21Squad6
#pejuang30DWC
#akarmenulis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar