Senin, 16 Desember 2019

Mengingat Masa


Mengembalikan kembali ingatan ke masa yang telah berlalu merupakan hal perlu dilakukan. Dalam kegiatan tersebut minimal orang akan melakukan kilas balik peristiwa dan pengalaman yang telah berlalu. Baik pengalaman yang baik maupun pengalaman yang buruk. Titik balik ingatan ke masa lalu ini sering dijadikan momen evaluasi dalam rangka instropeksi diri.

Mengevaluasi dengan mengingat masa lalu dalam Islam dikenal dengan istilah muhasabah. Ajang refleksi dan evaluasi ini memang sebuah tahapan yang harus ditempuh guna menciptakan kehidupan yang akan lebih baik dari sebelumnya. Muhasabah merupakan anjuran agama. Hal ini diperintahkan sebagai siasat dan persiapan sebelum akhirnya setiap jiwa benar dievaluasi (dihisab).

Bisa jadi tak banyak orang yang mencantumkan mengingat masa ini secara terjadwal. Menurut para pengusaha dan pebisnis ulung, tahap evaluasi ini merupakan sebuah kunci kesuksesan bisnis yang dibangun. Dalam evaluasi dibicarakan pencapaian target yang telah ditetapkan dalam kurun waktu tertentu. Kendala yang dihadapi dan kemungkinan akan terjadi lagi dicarikan solusinya dengan matang. Kemajuan dan kemunduran perusahaan dan bisnis yang dibangun ada di tahap ini. Begitu pun untuk program dan acara yang lain. 

Mengingat masa selain merupakan titah Tuhan ia harusnya menjadi kewajiban bagi insan berakal. Seperti perusahaan dan bangunan bisnis, muhasabah menuntun manusia menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. Mereka merencanakan rencana agar kegagalan dan kejelekan di masa lalu tak akan terulang dan terganti dengan hal yang luar biasa. Mengingat masa hendaknya menjadi aktivitas berkelanjutan yang senantiasa dilaksanakan. Menelaah diri dengan berbagai macam hal menjadikan diri unggul di masa mendatang


#30DWC
#30DWCJilid21
#30DWCJilid21Day6
#30DWCJilid21Squad6
#akarmenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar